Jumat, 21 Desember 2007

Sistem Di Perusahaan Pada Divisi Suatu Bank


Sistem adalah salah satu faktor yang sangat berperanan bagi berkembang dan majunya suatu perusahaan terutama bagi perusahaan - perusahaan besar. Dengan adanya sistem, suatu bisnis proses akan berjalan dengan baik, efektif serta relatif cepat.

Pada divisi suatu perusahaan bank swasta, untuk menjalankan bisnis prosesnya, perusahaan tsb. menggunakan 3 sistem aplikasi, yaitu :
1. Globus Themenos 5.1
=> Untuk menyimpan seluruh informasi transaksi customer
2. SAW 5.5 (Swift)
=> Untuk mentransmit message antar bank internasional
3. Branch Teller (BT)
=> Untuk mendebet semua charges yang dibebankan pada customer

Namun seiring perkembangan zaman, dengan kondisi seperti sekarang ini, dimana jumlah customer semakin banyak, dan secara otomatis menambah volume transaksi, sistem tersebut sudah tidak efektif lagi, mengingat Service Level Agreement (SLA) pada perusahaan tsb. adalah 'one day transaction'.

Dengan adanya permasalahan tersebut, maka senior management pada perusahaan memutuskan untuk membeli sistem baru yang lebih efektif.

Maka terpilihlah satu vendor dari India, untuk dapat menciptakan suatu aplikasi sistem yang dapat digunakan pada bisnis proses perusahaan. Tujuannya adalah, menggabungkan 3 proses dengan 3 sistem aplikasi tsb., menjadi satu proses dalam sistem yang baru. Namun banyak sekali hal-hal yang tidak dapat dipenuhi oleh vendor tsb., sehingga sampai sekarang setelah live selama 2 tahun, sistem Swift masih harus dikerjakan secara manual, karena pada sistem yang baru tidak dapat tergenerate secara sempurna, ada beberapa 'mandatory field' yang tidak 'mapping' dengan sistem yang baru. Sehingga pada kenyataanya, sistem baru tersebut tidak banyak membantu dalam hal transaksi, namun sangat mambantu pada sistem penarikan data.

Menurut pendapat saya, dengan adanya pengalaman tersebut, saya menganjurkan agar, apabila suatu perusahaan ingin mengganti sistem baru, sebaiknya difikirkan dengan baik, dan dengan pertimbangan yang sangat matang

Atau lebih baik mencari suatu sistem yang sudah 'common', yang sudah di bundle dalam satu aplikasi, yang sesuai pada bisnis proses perusahaan, sehingga bukan vendor yang menyesuaikan dengan bisnis proses perusahaan tsb., namun perusahaan tersebut yang menyesuaikan diri dengan bisnis proses yang sudah common dan proper.

Tidak ada komentar: